MARI BERKARYA BERSAMA MEMBANGUN INDONESIA LEWAT GERAKAN PRAMUKA
Keluarga Besar Pramuka RSW UNCP Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H / 2016 M Buat Kakak-Kakak Pengunjung * Pramuka Se Nusantara *
Kamis, 15 Desember 2011

postheadericon Sekilas Tentang Kampus UNCP

 
Perguruan Tinggi ini pada awalnya dibina oleh Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Makassar berdasarkan Akte Notaris Nomor: 33 Tanggal 16 Mei 1986 oleh Notaris M.G. Ohoella, S.H. Alamat: Ujung Pandang/Sungguminasa dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cokroaminoto Makassar filial Pinrang, yang selanjutnya pada tanggal 24 Januari 1976 diubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Cokroaminoto Palopo berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah VII Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya Nomor: II Tahun 1976 Tanggal 24 Januari 1976. Dalam perkembangan selanjutnya, yaitu pada tahun 2005, STKIP Cokroaminoto Palopo dan STIPER Cokroaminoto Palopo berubah bentuk menjadi Universitas Cokroaminoto Palopo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 95/D/O/2005 tanggal 6 Juli 2005.

Visi UNCP
Visi Universitas Cokroaminoto Palopo adalah menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Misi UNCP
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang bermoral serta memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
Menemukan, mengembangkan menciptakan karya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, serta menyebarkan demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.
Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan berbagai program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
Ikut berperan dalam meningkatkan kemajuan daerah dan bangsa melalui lulusan yang berwawasan global, toleran, dan cinta damai.

FAKULTAS
  1. 1.     Teknik Komputer
  2. 2.     Matematika & IPA
  3. 3.     Keguruan & Ilmu Pendidikan
  4. 4.     Pertanian


FASILITAS
Dalam rangka menunjang kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus, Universitas Cokroaminoto Palopo menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dipergunakan oleh seluruh civitas akademika, yaitu:

-    LAB Komputer 1 (Software), terletak di kampus 1, berjumlah  35 unit, dilengkapi LCD dan infocus
-    LAB Komputer 2 (Software), terletak di kampus 1, berjumlah  40 unit, dilengkapi LCD dan infocus
-    LAB Komputer 3 (Hardware dan Jaringan), terletak di kampus 1
-    LAB MIPA – Pertanian, terletak di kampus 2
-    LAB Microteaching, terletak di Kampus 1
-    LAB Bahasa, terletak di Kampus 1
-    LAB Matematika
-    Aula Serba Guna: 2 di kampus 1 dan 1 di kampus 2
-    Gedung berlantai 3, berjumlah 2 unit, dipergunakan untuk ruang kuliah
-    Gedung serbaguna, digunakan untuk pentas seni, seminar, theater, lokakarya, dll
-    Perpustakaan, fasilitas buku dengan layanan free akses internet

KEMAHASISWAAN
Pelaksanaan pembinaan kegiatan kemahasiswaan di UNCP diwadahi dalam berbagai organisasi yang diharapkan dapat menampung seluruh aktivitas kemahasiswaan. Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi di tingkat universitas dan organisasi di tingkat fakultas dan program studi.  Organisasi kemahasiswaan yang telah terbentuk adalah: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Majelis Perwakilan Mahasiswa (Maperwa), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Organisasi kemahasiswaan ini melakukan berbagai macam kegiatan seperti lomba matematika, english speech contest, lomba komputer, seminar, bakti sosial, pameran, dan mengikuti berbagai kegiatan regional dan nasional.

UNIT KEGIATAN MAHASISWA
Kegiatan mahasiswa disesuaikan dengan bakat dan minat serta orientasi karir di masa depan. Untuk itu, pada setiap penerimnaan mahasiswa baru, dilakukan kegiatan orientasi bakat dan minat mahasiswa. Melalui kegiatan ini mahasiswa diperkenalkan organisasi kemahasiswaan, sistem pembinaan kemahasiswaan, dan unit kegiatan kemahasiswaan. Selain itu kegiatan ini menciptakan suasana yang akrab diantara mahasiswa, perubahan sikap mental dan kedisiplinan, memberikan motivasi mahasiswa dalam menjalani susana akaedmik di perguruan tinggi. Unit kegiatan mahasiswa UNCP terdiri unit kreativitas mahasiswa, unit kegiatan olahraga, unit kegiatan seni, dan unit kegiatan khusus.

  • Uni Kreativitas Mahasiswa

Untuk  meningkakan kualitas intelektual dan karakter serta membuka akses pengembangan dan bakat serta daya nalar mahasiswa maka program kreatifitas dan penelitian mahasiswa merupakan salah satu program yang mendapat perhatian  di UNCP sehingga kegiatan pembinaan mahasiswa bidang pengembangan karya alternatif dan penelitian  mahasiswa  diprogramkan tiap tahunnya. Kegiatan pembinaan kreativitas mahasiswa meliputi: program kreativitas mahasiswa (PKM), program kewirausahaan mahasiswa, pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen, dan penulisan proposal dan penelitian mahasiswa untuk lomba dan tugas akhir.

  • Unit Kegiatan Olahraga

Kegiatan mahasiswa di bidang olahraga dilakukan melalui lembaga yang berbentuk unit sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa yang dibina oleh dosen dan profesional. Dalam melakukan kegiatan tersebut ditunjang sarana dan prasarana yang memadai. UKM olahraga adalah beladiri taekwondo, pencak silat, karate, sepak bola, tenis, panjat tebing, pecinta alam (Mapato), catur. Hasil kegiatan ini diantaranya adalah diikutkannya mahasiswa sebagai atlet daerah maupun mewakili universitas dalam berbagai kegiatan olaharaga.

  • Unit Kegiatan Seni

Kegiatan pengembangan seni  difasilitasi dengan membentuk wadah untuk menyalurkan bakat dan minat tersebut yang dibina oleh dosen dan profesional. Kegiatan pengembangan seni merupakan  program kegiatan yang banyak diminati oleh mahasiswa. Hal ini ditandai dengan terbentuknya unit yang mewadahi bidang seni seperti sanggar seni (S2UNCP), teater, musik, dan fotografi. Beberapa kegiatan seni  telah dilaksanakan dan keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai pagelaran seni baik internal maupun eksternal universitas.

  • Unit Kegiatan Khusus

Unit kegiatan khusus dibentuk berdasarkan apsirasi dan kebutuhan mahasiswa dalam pengembangan kegiatan dan kualitas diri. Unit kegiatan khusus di UNCP diantaranya adalah: Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka Racana UNCP, kegiatan keagamaan, KSR-PMI, pers kampus (imeca), forum kajian, dan study club.

0 komentar:

Populer Scout

Scout Aktif

Free counters!